di 09.48

Browser War dan Dotcom Bubble

Diposting oleh Andreas Ranu
Mengapa Browser begitu penting dalam E-Comerce/E- Business sehingga
Pemerintah Amerika Serikat sampai terlibat ke dalam kasus Microsoft vs
Netscape?


Perang browser adalah salah satu sejarah perkembangan internet di dunia. Perang ini ditandai dengan mulainya Microsoft masuk kedalam pasar browser yang sebelumnya di pegang oleh Netscape. Microsoft dengan internet explorer dan Netscape dengan Netscape navigatornya. Dan dua browser ini sangat penting dalam kegiatan E-commerce/E-business di dunia karena merekalah yang memegang pasar browser pada waktu itu dan yang jelas semua iklan, promosi, penjulalan, dan sebagainya diawali dengan browser-browser tersebut.
Pada tahun 1998 merupakan puncak perang browser antara Microsoft dan Netscape dengan terlibatnya Pemerintah Amerika. Perusahaan Microsoft dituntut dan diputuskan oleh pemerintah amerika bahwa Microsoft telah melakukan monopoli pasar dengan bundle windows OS dengan IE(internet explorer)nya yang didalamnya akan menuntut produsen computer untuk menampilakan desktop icon IE pada computer yang akan dijual. Akibat tuntutan ini Microsoft berjanji tidak akan melakukan mnopoli lagi.

Dotcom Bubble


Adalah adalah gelembung spekulatif yang meliputi kira-kira 1995-2000 (dengan puncaknya pada tanggal 10 Maret 2000 dengan NASDAQ(National Association of Securities Dealers Automated Quotations) memuncak pada 5.132,52) selama pasar saham di industri bangsa melihat nilai ekuitas mereka meningkat pesat dari pertumbuhan yang lebih baru sektor internet dan bidang-bidang terkait(http://id.wikipedia.org/wiki/Gelembung_dot-com). Perkembangan pesat internet yang periodenya diawali dengan banyaknya pendiri perusahaan yang menggunakan internet komersial berbasis dotcom contohnya dengan datangnya web browser Mosaic pada tahun 1993. Dengan perkembangan ini menyebabkan banyaknya harga saham yang meningkat karena penggunaan “.com” atau awalan “e-“ dalam nama mereka. Sejak saat itu mulailah bermunculan perusahaan-perusahaan berbasis web dengan menggunakan “.com” atau awalan “e-“ dalam nama mereka.


sumber:
1. http://www.nethistory.info/History%20of%20the%20Internet/browserwars.html
2. http://www.nethistory.info/History%20of%20the%20Internet/dotcom.html
3. http://id.wikipedia.org/wiki/Gelembung_dot-com

0 komentar:

Posting Komentar