di 02.58

KELEMAHAN SISTEM PERBANKKAN

Diposting oleh Andreas Ranu
Kelemahan Sistem Perbankkan

Setelah melihat film yang berjudul FIREWALL dimana terjadi sebuah usaha pencurian uang oleh pihak luar bank dengan memanfaatkan pihak internal bank untuk membobol system keamanan bank tersebut. Ini membuktikan bahwa sebagus apapun sistem keamanan perbankkan suatu bank, masih dapat di tembus oleh orang-orang atau oknum-oknum yang terbukti lebih cerdas(dengan cara apapun) dan ingin memiliki uang secara instan.
Dalam kenyataannya, di Indonesia sering terjadi kasus yang membuktikan bahwa masih lemahnya sistem perbankkan di Indonesia. Diiringi semakin mudahnya akses perbankkan tetapi semakin banyak pula kasus kelemahan perbankkan di Indonesia. Sebagai contoh, baru-baru ini pembobolan ATM yang terjadi di Bali. Banyak nasabah bank yang menjadi korban pembobolan ATM hingga ratusan juta rupiah. Uniknya, di luar sana sangat mudah mencari alat yang mirip dengan mesin pembaca kartu ATM atau yang sering disebut skimmer yang dijual bebas. Ini menandakan bahwa sistem canggih yang dimiliki bank masih dapat dibobol oleh orang luar bank tersebut.
Berbagai penyebabnya antara lain:

1. Kerawanan prosedur perbankan.
Yaitu lemahnya proses identifikasi dan validasi calon nasabah. Masalah ini bukan sepenuhnya kesalahan bank, karena di Indonesia belum diterapkan Single Identity Number (SIM) yang terintegrasi antar departemen terkait pelaksanaan pelayanan publik, sehingga mudah sekali untuk melakukan pemalsuan identitas dan mengecoh sistem validasi bank sehingga akhirnya akan berakibat pada penyalahgunaan rekening, fasilitas dan layanan terkait dengan nasabah seperti kartu ATM/debit untuk kegiatan kejahatan mulai fraud (penipuan) hingga ke pencucian uang. Kecenderungannya para pelaku kejahatan akan memilih untuk sejauh mungkin hanya menggunakan layanan elektronik saja, menghindari transaksi dan kontak fisik baik dengan petugas bank maupun korban.

2. Kerawanan fisik.
Sebagian besar kartu ATM yang digunakan bank saat ini jenisnya magnetic stripe card yang tidak dilengkapi pengaman chip (smart card). Kartu jenis ini sangat mudah digandakan. Perangkat penggandaan dan bahan baku kartu magnetic ini dapat dengan mudah dijumpai di pasaran dengan harga yang sangat murah. Saat ini baru kartu kredit saja yang telah diganti dengan jenis smart card sejak Januari 2010 sesuai ketentuan Bank Indonesia. Seharusnya penggantian jenis kartu dan peningkatan teknologi yang digunakan harus lebih sering dilakukan karena modus kejahatan pun semakin cepat mengalami perubahan. Selain jenis smart card, sekarang juga sudah dikembangkan jenis kartu lain (next generation) yang lebih kuat teknologi pengamanannya seperti smartcard yang dilengkapi chip RFID, biometrik dlsb. Setiap bank penyelenggara layanan perbankan elektronik seharusnya menyiapkan road map untuk secara periodik mengganti jenis kartu dan meningkatkan keamanan fisiknya.
Standar pengamanan mesin ATM dan EDC juga masih sangat kurang. Seharusnya mesin ATM dilengkapi dengan sensor, alarm, kamera pengawas dan berbagai mekanisme pengamanan lainnya. Misalnya penggunaan privacy screen dengan sudut penglihatan yang sempit, cover untuk melindungi numeric keypad, anti skimming card reader hole hingga mungkin apabila diperlukan emergency intercom unit. Dengan teknologi telekomunikasi berbasis IP yang kini tersedia, semua fasilitas pengamanan itu dapat diselenggarakan dengan biaya yang murah.

3. Kerawanan aplikasi
Kelemahan aplikasi sebenarnya adalah sebuah konsekuensi logis yang mungkin terjadi akibat semakin kompleksnya fitur dan layanan yang disediakan oleh aplikasi tsb. dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Sehingga prosedur, pengawasan, kehati-hatian di dalam setiap proses peningkatan kemampuan aplikasi harus menjadi prioritas utama implementasi.
Jenis exploitasi aplikasi pun sekarang ini juga semakin meningkat jumlah dan kualitasnya dan banyak diantaranya yang menggunakan metode yang semula tidak pernah terpikirkan para pengembang aplikasi untuk perbankan. Seperti misalnya, serangan tidak lagi dilakuken lewat front end melainkan melalui celah keamanan back end. Peretas berusaha membangun suatu saluran backdoor melalui sistem back end bank dengan cara menyusupkan trojan atau bots ke dalam jaringan internal perusahaan. Banyak pengembang aplikasi perbankan hanya fokus antisipasi pengamanan pada sisi front end namun membiarkan sisi back end terbuka lebar.

4. Kerawanan perilaku
Salah satu penyebab utama terjadinya insiden keamanan di dalam dunia Teknologi Informasi adalah akibat kelemahan manusia. Baik itu SDM perbankan, nasabah itu sendiri maupun juga aparat penegak hukum. Pada sisi perbankan, tidak semua SDM disiplin di dalam menerapkan prosedur pengamanan. Sedangkan di sisi nasabah upaya sosialisasi untuk menciptakan kesadaran masih dilakukan secara parsial dan kasuistis. Seharusnya proses ini dilaksanakan secara paralel dengan setiap kegiatan marketing dan melekat di dalam setiap produk perbankan dan harus dilaksanakan secara terus-menerus, karena bank adalah bisnis jasa berbasis kepercayaan (trust) sehingga isu keamanan seharusnya menempati prioritas tertinggi yang harus disampaikan kepada nasabah.

5. Kerawanan regulasi dan kelemahan penegakan hukum
Sebagian besar regulasi perbankan masih menggunakan paradigma konvensional yang sepenuhnya melindungi kepentingan bank. Regulasi ini sudah saatnya dirubah, karena arah kegiatan perbankan sekarang yang memasuki era online dan transaksi elektronik sehingga tanggung jawab pengamanan menjadi masalah bersama. Bank harus menjadi pihak yang bertanggung jawab karena posisi sebagai sistem penyelenggara layanan transaksi elektronik. Peraturan perundangan yang baru sepertu UU No. 11/2008 Tentang ITE juga telah mulai mengatur masalah ini. Di masa depan akan semakin banyak peraturan yang digolongkan sebagai cyber law ini akan diberlakukan oleh pemerintah. Sehingga diharapkan ada kepastian hukum bagi para penyelenggara layanan dan pengguna.



Sumber:
http://www.idsirtii.or.id/index.php/news/2010/01/21/81/mewaspadai-kejahatan-layanan-perbankan-elektronik-himbauan-kepada-masyarakat-dan-keterangan-pers.html read more...
di 09.23

ERP

Diposting oleh Andreas Ranu
ERP singkatan dari enterprise resource planning adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan. (http://id.wikipedia.org/). Disini akan dibahas beberapa software ERP yaitu AXAPTA, ORACLE ERP, dan SAP.

1. AXAPTA
AXAPTA adalah software system keluaran Microsoft yang sering disebut dengan Microsoft Dinamics AX. Software merupakan solusi bisnis yang komprehensif atau juga disebut ERP-solusi, untuk organisasi menengah dan besar yang akrab bekerja dengan perangkat lunak Microsoft. Axapta dibangun untuk melakukan usaha dengan berbeda lokasi dan Negara dengan proses konsolidasi dan standarisasi guna membantu meingkatkan produktivitas. (http://www.microsoft.com)

Kelebihan:
• Kemampuannya untuk mengelola multi-lokasi bisnis secara transparan
• Dirancang untuk mendukung operasi bisnis, dengan memberikan informasi data yang tepat sehingga dapat digunakan oleh manajemen untuk membuat perencanaan dan strategi untuk mencapai perkembangan perusahaan yang maksimal (http://www.antara.co.id/)

Kekurangan:
• Karena produk ini keluaran Microsoft, maka produk ini hanya cocok digunakan dengan produk Microsoft lainya.

2. SAP
SAP ERP adalah sebuah aplikasi yang mendukung fungsi-fungsi penting untuk proses dan operasional bisnis secara lebih efisien dan disesuaikan dengan kebutuhan industri tertentu. Solusi ini memberikan fungsi-fungsi sebagai berikut: Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Operasional, dan Layanan Perusahaan. Salah satu produk softwarenya adalah SAP Business Objects. (http://www.chip.co.id)

Kelebihan :
• Dapat menghasilkan laporan yang akurat
• Mempunyai level integrasi yang sangat tinggi antara aplikasi-aplikas individu sehingga menjamin konsistens idata terhadap system dan perusahaan implementator. ( http://www.sap-img.com/sap-introduction.htm)

Kekurangan:
• Waktu implementasi bisa berkepanjangan
• Penggantian sistem memerlukan biaya tinggi, selalu ada investasi yang dikorbankan
• Memerlukan perubahan budaya kerja


3. ORACLE ERP
Oracle adalah aplikasi database yang pertama kali mengadopsi SQL (structure query language) yang menjadi standar bahasa bagi berbagai DBMS (data base management system) modern. Saat ini Oracle yang didirikan pada tahun 1977 tersebut sudah mengembangkan banyak sekali alat pengembangan aplikasi (applicaton development tools) yang handal dan fungsional selain aplikasi DBMS-nya.

Kelebihan:
• Dapat diimplementasikan dalam jangka waktu yang cepat.
• Fleksibel
• fokus pada solusi e-business terdepan. (http://www.setiabudi.name)

Kekurangan:
• Tidak flesibel
• Mahal dan hanya perusahaan besar yang menggunakanya. (http://one.indoskripsi.com/click/2974/0) read more...
di 08.34

M-Banking

Diposting oleh Andreas Ranu

MOBILE BANKING

BNI
BNI memiliki fasilitas M-Banking yaitu BNI Mobile. BNI Mobile merupakan fasilitas yang dilakukan melalui handphone, tetapi hanya bisa support dengan aplikasi java dan untuk bisa melakukan fasilitas ini, pertama-tama hrus mengunduh(download) aplikasi java dan registrasi melalui mesin ATM.
BNI mobile ini memiliki 2 golongan transaksi yang bisa dilakukan, yaitu:
Transaksi Non Finansial  
·         Informasi saldo seluruh rekening yang Anda miliki dalam 1 CIF (Customer Information File) berupa Tabungan, Giro, Deposito, dan Pinjaman
·         Informasi mutasi rekening (5 transaksi terakhir)
Transaksi Finansial
  • Transfer Dana antar Rekening BNI
  • Pembayaran Tagihan
    • Telkom (Telepon,Flexi Classy, Speedy) se-Indonesia
    • Kartu Halo, Xplor, Matrix,Starone
    • Kartu Kredit (BNI, Citibank, Stanchard, HSBC, GE, ANZ, Niaga, ABN AMRO, Permata, Danamon,Bukopin)
  • Pembayaran ZIS & Kurban
  • Pembelian Voucher Prabayar (Flexi, Simpati, As, Mentari, IM3, StarOne, XLbebas reguler, extra & jempol,Fren,Esia,3)
Bank Permata
Fasillitas M-Banking yang dimiliki Bank Permata yaitu Permata Mobile. Sama seperti BNI, aplikasi yang digunakan juga berbasis java dan juga pengguna ahrus melakukan registrasi melalui atm Bank Permata atau mini atm Bank Permata. Berbagai keunggulan yang dimiliki Permata Mobile, antara lain :
    • INFORMASI
Tanpa perlu mendaftarkan nomor rekening/nomor tagihan Informasi saldo, 4 transaksi terakhir, nilai tukar mata uang asing, tagihan : PermataKartuKredit, cicilan kredit, biaya pendidikan dan informasi tagihan (Telkom, Ponsel, PLN dll).



    • TRANSFER ONLINE dan REAL TIME
Tanpa perlu mendaftarkan nomor rekening tujuan. Semudah mengirim SMS untuk melakukan :
·         Transfer dana antar rekening PermataBank
·         Transfer dana ke e-wallet / e-saving
·         Transfer dana ke bank lain (bank tertentu) anggota jaringan ALTO, ATM Bersama dan Prima (BCA)
o    ISI ULANG PULSA
Bisa isi pulsa ke nomor ponsel siapapun tanpa harus mendaftarkan terlebih dahulu. Beragam isi ulang pulsa ponsel dapat dengan mudah Anda lakukan, antara lain : simPATI, kartu As, Mentari, IM3, XL/bebas, Esia, Fren, Flexi, StarOne dan 3.
o    PEMBAYARAN
·         Layanan Umum
Telkom, Telkom Speedy, PLN, Palyja dan PAM Bintaro
·         Tagihan Ponsel
kartuHALO, Matrix, Xplor, Flexy, Esia, Fren dan StarOne

·         Kartu Kredit
PermataKartuKredit, Citibank, HSBC, Danamon, Niaga, BNI, Standard Chartered, AMEX, ABN Amro, Visa dan MasterCard Bank Lain yang terbit di Indonesia
·         Cicilan Kredit
ACC (Astra Credit Company), FIF (Federal International Finance) dan TA Finance
·         Personal Loan
KTA SCB, KTA HSBC, Pinjaman HSBC, Personal Loan Citibank, dan ABN AMRO

·         Asuransi
Prudential, Allianz, Astra Buana (Garda Oto), Cigna dan Sequist
·         Biaya Pendidikan
Universitas Parahyangan, Politeknik POS Bandung, Universitas Kristen Satya Wacana, BPK Penabur, Atmajaya Yogyakarta, Al-Azhar Syifa Budi, Universitas AKI, Universitas Sebelas Maret, Universitas Balikpapan, Universitas Indonesia, Al Izhar
·         Tiket
Garuda Indonesia, Air Asia, Lion Air & Adam Air
·         Televisi
Astro

·       Internet
CBN, Telkom Speedy

o   PENONAKTIFAN dan PENGAKTIFAN FASILITAS PERMATAMOBILE
Fasilitas layanan PermataMobile dapat Anda nonaktifkan untuk menghindari penyalahgunaan fasilitas layanan
o   MENGUBAH REKENING UTAMA
Untuk memilih rekening yang akan digunakan (jika lebih dari satu rekening dalam satu Kartu Permata Visa Electron)
CIMB Niaga
Ponsel Banking adalah fasilitas M-Banking yang dimiliki oleh Bank CIMB Niaga dan untuk menggunakanya pengguna bisa mengunduh  aplikasi java dan registrasi melalui atm Niaga. Tetapi Ponsel Banking CIMB Niaga ini juga bisa digunakan melalui sms. Fitur-fitur transaksi yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:
Fitur Pembayaran Tagihan / Pembelian Pulsa yang dapat dilakukan di Ponsel Banking

1. Telkom ( Pembayaran Telepon, Telkom Vision, Telkom Speedy )
2. Selular Pascabayar ( Telkom, Telkomsel, Indosat, Lippotelecom – Khusus Jawa
   Timur )
3. Selular Prabayar ( Indosat-Mentari-IM3, Telkomsel-simPati )
4. Hiburan ( Prabayar Kartu Blitz Megaplex )
5. Kartu Kredit ( CIMB Niaga, GE Finance terdiri dari GE Ekstra Mastercard,
   RimoMasterCard, Kartu Belanja Carrefour, Sumber Kredit, Smart Shopping Card,
   HSBC, Standard Chartered Bank, ANZ, RBS d/h ABN Amro, Citibank, BNI,
   Danamon, Permata, Bukopin )
6. Pinjaman :
   - Citibank ( Citibank Ready Cash, Citibank Personal Loan )
   - RBS d/h ABN Amro ( Personal Loan, Pinjaman Ekspres, Money Card )
   - Standard Chartered Bank KTA
7. Internet / TV Kabel ( IM2 d/h IndosatNet, Telkom Speedy, Telkom Vision, First
    Media )
8. Pendidikan ( Kidsport Jakarta, Perbanas Surabaya,  BSI Jakarta, Unika
    Atmajaya )
Fitur Transaksi lainnya

1. Informasi Saldo
2. Informasi 5 Transaksi terakhir
3. Transfer ke Rekening CIMB Niaga
4. Inquiry Saldo & Redeem Point Cinta
5. Informasi Suku Bunga ( Tabungan , Giro, Deposito )
6. Informasi Kurs
7. Perubahan Kode Rekening
8. Perubahan PIN Transaksi
9. Perubahan PIN Login
10. Informasi Syntax

Jika dilihat dari ketiga fasilitas M-Banking yang dimiliki oleh ketiga bank diatas, hampir semua bank memiliki cara penggunaan yang sama baik dengan aplikasi java dan registrasi melalui mesin ATM masing-masing bank. Tetapi setiap bank memiliki fitur-fitur yang berbeda. Dalam M-Banking ini saya memilih Ponsel Banking dari CIMB Niaga karena Ponsel banking CIMB Niaga memiliki banyak fitur termasuk fasilitas pinjaman, pembayaran voucher prabayar dan pasca bayar dan banyak lagi yang lainya.



Sumber:


read more...
di 09.48

Browser War dan Dotcom Bubble

Diposting oleh Andreas Ranu
Mengapa Browser begitu penting dalam E-Comerce/E- Business sehingga
Pemerintah Amerika Serikat sampai terlibat ke dalam kasus Microsoft vs
Netscape?


Perang browser adalah salah satu sejarah perkembangan internet di dunia. Perang ini ditandai dengan mulainya Microsoft masuk kedalam pasar browser yang sebelumnya di pegang oleh Netscape. Microsoft dengan internet explorer dan Netscape dengan Netscape navigatornya. Dan dua browser ini sangat penting dalam kegiatan E-commerce/E-business di dunia karena merekalah yang memegang pasar browser pada waktu itu dan yang jelas semua iklan, promosi, penjulalan, dan sebagainya diawali dengan browser-browser tersebut.
Pada tahun 1998 merupakan puncak perang browser antara Microsoft dan Netscape dengan terlibatnya Pemerintah Amerika. Perusahaan Microsoft dituntut dan diputuskan oleh pemerintah amerika bahwa Microsoft telah melakukan monopoli pasar dengan bundle windows OS dengan IE(internet explorer)nya yang didalamnya akan menuntut produsen computer untuk menampilakan desktop icon IE pada computer yang akan dijual. Akibat tuntutan ini Microsoft berjanji tidak akan melakukan mnopoli lagi.

Dotcom Bubble


Adalah adalah gelembung spekulatif yang meliputi kira-kira 1995-2000 (dengan puncaknya pada tanggal 10 Maret 2000 dengan NASDAQ(National Association of Securities Dealers Automated Quotations) memuncak pada 5.132,52) selama pasar saham di industri bangsa melihat nilai ekuitas mereka meningkat pesat dari pertumbuhan yang lebih baru sektor internet dan bidang-bidang terkait(http://id.wikipedia.org/wiki/Gelembung_dot-com). Perkembangan pesat internet yang periodenya diawali dengan banyaknya pendiri perusahaan yang menggunakan internet komersial berbasis dotcom contohnya dengan datangnya web browser Mosaic pada tahun 1993. Dengan perkembangan ini menyebabkan banyaknya harga saham yang meningkat karena penggunaan “.com” atau awalan “e-“ dalam nama mereka. Sejak saat itu mulailah bermunculan perusahaan-perusahaan berbasis web dengan menggunakan “.com” atau awalan “e-“ dalam nama mereka.


sumber:
1. http://www.nethistory.info/History%20of%20the%20Internet/browserwars.html
2. http://www.nethistory.info/History%20of%20the%20Internet/dotcom.html
3. http://id.wikipedia.org/wiki/Gelembung_dot-com read more...
di 08.21

TCO broadband

Diposting oleh Andreas Ranu
Im2 3.5G Unlimited

Im2 adalah produk dari indosat yang dikhususkan untuk layanan internet yang melalui jaringan GSM. Pada analisis TCO kali ini yang saya ambil adalah produk im2 yang bersifat unlimited.

BROOM BASTIS! Unlimited
Rp 275.000
Sudah termasuk voucher senilai
Rp 200.00
• Rp 200.000 / bulan
• Penggunaan Unlimited **
• Kecepatan sebelum melewati threshold 3GB lebih rendah dari 256 Kbps
• Setelah melewati threshold kecepatan akan lebih rendah dari 64 Kbps
• Single Access (account hanya bisa digunakan pada jaringan 3G/UMTS/GPRS)
• Masa aktif 1 bulan
• Masa tenggang 60 hari

BROOM XTRA-2 Unlimited
Rp 175.000
Sudah termasuk voucher senilai
Rp 150.000
• Rp 150.000 / bulan
• Penggunaan Unlimited **
• Kecepatan sebelum melewati threshold 500MB lebih rendah dari 256 Kbps
• Setelah melewati threshold kecepatan akan turun menjadi lebih rendah dari 64 Kbps
• Single Access (account hanya bisa digunakan pada jaringan 3G/UMTS/GPRS)
• Masa aktif 1 bulan
• Masa tenggang 60 hari
• Penggunaan aplikasi Peer to Peer, streaming dan aplikasi sejenisnya tidak disarankan untuk paket ini.
Kelebihan produk unlimited ini adalah pemakaian yang unlimited dengan biaya tetap per bulan.
Kelemahan produk unlimited ini adalah meskipun unlimited tetapi kecepatanya terbatas pada kuotanya yaitu 256 Kbps. Setelah melebihi kuota itu kecepatanya disesuaikan menjadi 64 Kbps.


Starone Paket Modem

Produk Starone ini juga keluaran Indosat yang dikhususkan untuk layanan internet menggunakan jaringan CDMA. Berikut adalah spesifikasinya.


• Tarif paling irit Rp 0,1 /Kb, selama 3 bulan pertama.
• Termasuk kartu perdana StarOne Pulsa Rp 10.000,
• Kecepatan stabil hingga 153 kbps
• Garansi Modem 6 bulan
• Pesanan diantar ke rumah/kantor Anda
• Pilihan tarif (setelah 3 bulan) :
- Volume Based (Rp 1/kb)
- Time Based (Rp 75/menit)
- Unlimited (Rp 45.000/minggu)
• Setelah masa aktif paket bundling handset berakhir, maka tariff akan kembali ke tarif normal Rp. 1,- per Kb.

Kelebihan dari produk ini adalah terdapat pilihan tarif setelah 3 bulan yang mungkin dapat menyesuaikan budget para pemakainya.
Kekurangan dari produk ini biaya pemakaian unlimited yang lebih mahal dari pada paket unlimited yang ditawarkan Im2


Telkom flash PAKET UNLIMITED (tanpa modem, tanpa Kontrak)

Produk telkom flash ini adalah produk keluaran dari telkomsel. Berikut adalah spesifikasinya.
• Basic 125000 up to 256 kbps 500 kuota 2 MB
• Advance 225000 up to 512 kbps kuota 1 GB
• Pro 400000 up to 3.6 Mbps kuota 2 GB
• Berlaku untuk pelanggan pasca bayar (kartuHALO) KECUALI paket HALOHybrid
• Kecepatan maksimal berlaku sampai batas pemakaian internet secara wajar (Fair Usage), kecepatan akses akan disesuaikan / diturunkan menjadi up to 128 kbps (untuk paket Pro)
• Pendaftaran dan aktivasi layanan dilakukan di graPARI TELKOMSEL
• Menggunakan APN (Access Point Name): internet atau telkomsel (sharing)
• Harga belum termasuk PPn
• Paket data ini akan otomatis diperpanjang setiap bulan (setiap Billing Cycle) sebelum ada permintaan berhenti dari pelanggan.
• Pelanggan dapat melakukan pergantian paket sekali dalam satu bulan melalui graPARI di awal periode Billing Cycle . Paket data yang terakhir dipilih adalah paket yang akan ditagihkan dan akan menjadi paket yang teridentifikasi untuk diperpanjang pada masa aktif berikutnya.
• Unit terkecil adalah per kB (Untuk fair usage)
• Tidak ada kontrak, pelanggan bisa berhenti berlangganan kapan saja melalui graPARI
• Berlaku hanya untuk pemakaian domestik (tidak berlaku untuk International Roaming, hal ini akan ditagihkan secara terpisah menggunakan volume based)
• Berlaku hanya untuk pemakaian domestik (tidak berlaku untuk International Roaming, hal ini akan ditagihkan secara terpisah menggunakan volume based)
Kelebihan dari produk ini adalah kecepatan yang disediakan cukup besar dari pada yang lain. Ini menguntungkan bagi pemakai yang membutuhkan koneksi yang cepat.
Kekurangannya adalah pada harganya dengan perbandingan Im2 kuota 3 giga hanya Rp 200000 per bulan sedangkan Telkom flash dengan kuota 2 giga dengan harga Rp 400000

Saya sebagai mahasiswa lebih memilih Im2 karena biayanya lebih terjangkau dan kebutuhan sebagai mahsiswa tidak terlalu membutuhkan koneksi yang cepat yang mungkin hanya digunakan untuk browsing, jejaring sosial, dan lain-lain. read more...
di 06.57

Total Cost of Ownership : MS Office 2007, Open Office org ver 3, dan Google Docs

Diposting oleh Andreas Ranu

Microsoft Office 2007

Microsoft office 2007 atau yang sering disebut ms office 2007 mungkin adalah aplikasi yang paling familiar di kalangan masyarakat. Hampir sebagian besar masyarakat terkusus kita sebagai mahasiswa menggunakan aplikasi ini.

Saat ini aplikasi Microsoft office 2007 dijual dengan kisaran harga $ 689.00 dan versi professional dijual dengan kisaran harga $ 510.00 (http://www.bhinneka.com/products). Aplikasi ini terbilang sangat mudah digunakan dan tidak terlalu rumit meskipun fitur-fiturnya jauh lebih berkembang dan lebih menarik dari versi Microsoft Office 2003.

Dalam aplikasi ini terdapat beberapa kelemahan dan kelebihan. Kelemahan yang pertama bagi pengguna yang masih menggunakan aplikasi sebelumnya (Microsoft office 2003 atau sebelumnya) tidak bisa membuka file asli ms office 2007 berformat “.docx”. Lalu yang kedua jika pengguna menginginkan kinerja ms office yang lebih baik, pengguna harus mengupdate ms office 2007 dengan service pack yang ada. Kelebihanya, aplikasi ini sangat mudah digunakan dan masih memiliki prinsip kerja yang sama dengan versi-versi sebelumnya.

Open Office. Org ver 3

Aplikasi ini adalah aplikasi OSS (open source software) office yang bisa digunakan tanpa harus membeli lisensi untuk menggunakanya. Aplikasi ini sangat membantu orang yang mungkin tidak mampu membeli aplikasi ms office yang terhitung cukup mahal. Dalam kata lain aplikasi ini gratis dan dapat diunduh (download) dari internet.

Aplikasi ini tidak dijual melainkan bebas diunduh dari internet jadi aplikasi ini tidak membutuhkan biaya saat menggunakanya jika pengguna hanya meminjam dari orang yang mengunduh dari internet. Tetapi jika mengunduh sendiri hanya membutuhkan biaya menyewa internet misalnya dari warnet.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah format penyimpanan asli dari open office belum dapat dibuka menggunakkan aplikasi ms office kecuali dengan menyimpan dokumen dengan format yang digunakan ms office seperti format “.doc”.

Kelebihan dari aplikasi ini sudah jelas. Dengan OSSnya. Aplikasi ini bersifat gratis dan terhitung mudah untuk digunakan.

Google docs

Aplikasi ini dimilki dan dikembangkan oleh perusahaan google. Menariknya aplikasi ini digunakan secara online dan gratis namun pengguna pertama-tama harus mempunyai account google untuk bisa menggunakanya.

Aplikasi ini tidak dijual, namun biayanya hanya biaya saat kita menggunakan internetnya saja karena aplikasi ini berbasis online dalam penggunaannya.

Kelebihan aplikasi ini adalah dapat digunakan secara gratis dan tidak perlu menupdatenya karena akan diupdate secara otomatis oleh google. Selain itu pengguna tidak hanya bisa menyimpan dokumen di komputer( harddisk) saja tetapi pengguna juga mendapatkan fasilitas penyimpanan sebesar 1 gigabyte.

Kelemahan aplikasi ini adalah pengguna harus terkoneksi denagn internet jika ingin menggunakanya.

Saya sebagai mahasiswa lebih memilih menggunakan aplikasi Open Office org ver 3 karena saya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli aplikasi dan lisensinya atau gratis dan dalam penggunaannya relatif mudah.

read more...
di 08.40

My Cv

Diposting oleh Andreas Ranu
Andreas Adhy Ranu Resphati
Gresik, 17 Mei 1990
Belum Menikah
Alamat : Jalan Getsemani 251 Sengkan Yogyakarta

E mail : andreas_ranu@musician.org
noe_tunk2s@yahoo.com

Pendidikan
1. SMP Semen Gresik (2003-2005)
2. SMA Pangudi Luhur Van Lith (2005-2008)
3. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (2008- )

Pengalaman Organisasi

1. Paguyuban Van Lith sebagai pengurus bidang kemasyarakatan
2. Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi sebagai anggota

Ketrampilan
1. Bermain alat musik (gitar, gitar bass, drum, keyboard) read more...